Duet Babinsa-Babinkamtibmas Dalam Menggalakan Pos Kamling Berefek Positif

0
15

MAGELANG,– Pos kamling Dusun Sidomulyo-2 ditunjuk sebagai salah satu perwakilan  Kecamatan Candimulyo dalam rangka lomba pos Kamling se-kabupaten Magelang (13/3)

Jelang Pilpres dan pileg, Koramil-Polsek sebagai salah satu satuan kewilayahan sangat gencar melaksanakan patroli wilayah binaanya, baik pada waktu malam  maupun siang hari.

Hal tersebut dimaksudkan untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat  sekaligus menciptakan situasi kondusif di wilayah binaan.

Sebagai satuan kewilayahan, Koramil-Polsek merupakan salah satu instansi yang paling bertanggung dalam membina warga binaanya serta mengajak kepada segenap warga untuk menjaga lingkungan agar tercipta situasi yang aman nyaman dan damai di lingkungan masing-masing.
Namun dengan  keterbatasan personil Koramil-Polsek, tentu tak sebanding dengan wilayah yang ada. Hal tersebut tentunya, sebagai aparat kewilayahan harus bisa  membaca situasi dan kondisi untuk memberdayakan  potensi wilayahnya terutama  warga masyarakat agar  rutin mengadakan ronda dan pos kamling demi menjaga keamanan daerahnya sendiri, supaya kampung mereka terasa aman.

Salah satu pembinaan rutin kepada warga binaan yang dilakukan oleh Koramil-Polsek tersebut adalah Dusun Sidomulyo-2, Desa Sidomulyo.  Terbukti dari sekian banyak pos kamling yang ada, hanya pos kamling yang berada di Dusun tersebut yang bisa masuk sebagai salah satu pos yang memenuhi syarat sebagai  pos yang sesuai kriteria, sehingga wajar jika mereka diikutkan dalam lomba pos kamling se-kabupaten.

Tim dari Polreskab yang dipimpin oleh Kasat Binmas AKP Faizun SH, pada kesempatan tersebut melakukan uji petik kepada para Linmas maupun masyarakat Dusun Sidomulyo-2 terkait tentang kesiap siagaan warga  setempat manakala menghadapi situasi yang tidak diinginkan apabila terjadi bencana ataupun kejadian yang diakibatkan oleh faktor alam maupun kesalahan yang sengaja dilakukan oleh manusia yang bisa berakibat fatal bagi lingkungan.

Disamping uji kesiap siagaan personil, Tim juga menyoroti tentang arti pentingnya administrasi serta peralatan yang diperlukan jika terjadi  bencana alam.

Administrasi yang dimaksudkan berupa buku inventaris, buku mutasi, jadwal ronda, tanda-tanda bahaya maupun foto presiden dan wakil presiden serta administrasi lainya.

Sedangkan peralatan dan kelengkapan pos kamling berupa alat pemadam kebakaran serta peralatan yang dibutuhkan apabila terjadi tanah longsor, angin puting beliung maupun banjir.

Di sesi terakhir, tim mengujikan  materi simulasi lapangan tentang kesiap siagaan anggota jaga  kamling manakala terjadi hal yang tidak diinginkan.

Danramil-10/Candimulyo  Kapten Kaveleri Winarto mengatakan, bahwa keberadaan pos kamling di lingkungan masing-masing wajib hukumnya untuk di hidupkan kembali. Hal ini dimaksudkan  agar warga bisa hidup dengan aman  dan  nyaman, terutama saat sekarang mendekati pilpres maupun pileg  yang sudah barang tentu suhu politik bisa kita rasakan bersama.

Ronda dan pos kamling bukan hanya dilaksanakan pada  saat mendekati pileg dan pilpres saja, namun kegiatan samacam ini harus dilakukan secara terus menerus agar kampung kelihatan hidup, terutama pada malam hari, agar  warga yang melaksanakan  istirahat binya nyenyak dan nyaman, karena ada ronda malam,  “Tegas Danramil.

Winarto juga mengharapakan, ronda dan pos kamling bukan hanya sekedar rutinitas yang dilalui dengan seadanya untuk menjaga pencurian saja,  namun kejadian yang tidak kita inginkan seperti bencana alam tentu bisa diantisipasi lebih dini mana kala ronda dan pos kamling benar-benar dapat  berjalan dengan lancar, “Pungkasnya.

Hasan Sulaiman (47) tokoh pemuda setempat mengucapkan banyak terima kasih kepada anggota Koramil-Polsek yang selama ini selalu bersama-sama membina warga Dusunya dalam  menghidupkan pos kamling dan tradisi ronda malam selama ini, dan terbukti saat ini pos kami ditunjuk sebagai perwakilan lomba pos kamling se-kabupaten, “Terang Hasan.

Hasan juga berterima kasih kepada Babinsa Peltu Nanang Mardianto dan Babinkamtibmas Bripka Wihandoko yang senantiasa memberikan pembinaan dan semangat kepada warga kami,  dalam melaksanakan pos kamling dan ronda malam. “Sambung Hasan. (Ltf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here