Babinsa Bersama Kelompok Tani Basmi Organisme Pengganggu tanaman padi

0
30

NGEMPLAK – Untuk mewujudkan program swasembada pangan dari Kementerian Pertanian Babinsa Koramil 07/Ngemplak dan UPT BP4 wilayah Kec. Ngemplak senantiasa membangun kerja sama mendampingi petani dalam mengelola lahan pertanian khususnya tanaman padi.

Seperti yang dilakukan pada hari Senin, 11 Februari 2019 Babinsa Desa Wedomartani Serda Pandi Asmono dan UPT BP4 bekerja sama melakukan gerakan pengendalian OPT (Orgasme Pengganggu Tanaman) secara serentak di Poktan Legi Santosa Dsn. Gondang Legi Wedomartani Kec. Ngemplak. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan Babinsa dan PPL Ds. Wedomartani Ibu Risty Rahayu, S.T jenis OPT yang menyerang tanaman padi di wilayah Dsn. Gondang Legi adalah jamur dan kresek daun/blast.

Kemudian diungkapkan oleh Serda Pandi Asmono bahwa obat yang dipakai adalah non kimia yaitu menggunakan Agen Hayati yaitu perpaduan dari Zat Kapur, Tetes Tebu, RGPS dan hasil fermentasi akar bambu. Tujuan dari penggunaan Agen Hayati adalah untuk mengurangi kandungan racun pada tanaman akibat dari penggunaan obat kimia.

Tujuan dari pengendalian OPT secara serentak ini adalah agar semua jamur tidak menular ke wilayah lain. Sehingga harapannya tanaman padi dapat tumbuh normal, demikian juga hasil panen akan meningkat dan otomatis swasembada beras dapat terwujud. Dengan demikian pendampingan yang dilakukan oleh Babinsa maupun UPT BP4 Wilayah Kec. Ngemplak benar-benar dirasakan oleh seluruh petani.(Ds)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here