Bersih Kali, Wujudkan Kota Magelang Bersih dan Asri

0
14

Bersih Kali, Wujudkan Kota Magelang Bersih dan Asri

MAGELANG — Kota Magelang sudah berulang kali meraih Piala Adipura, dimana Kota Magelang dikenal sebagai Kota Yang bersih atau Kota Adipura. Tidak hanya identik dengan Kota Sejuta Bunga saja, keindahan lingkungan sungainya juga diperhatikan.

Seperti yang terjadi pagi ini, Balai PSDA Progo Bogowonto Luk Ulo, bekerja sama dengan Instansi di Kota Magelang seperti, Kodim 0705/Magelang, Yonarmed 11 Guntur Geni, Dinas Lingkungan Hidup Kota Magelang, Disperindag Kota Magelang, Satpol PP, Linmas Kota Magelang dan Damkar Kota Magelang, Komunitas Kali Bersih Magelang, dan masyarakat Kampung Karang Lor RW 13 dan 15 Kelurahan Rejowinangun Selatan Kota Magelang, mengadakan kegiatan resik-resik kali (bersih-bersih) di Sungai Manggis Kliwonan, sebelah timur Pasar Rejowinangun, Kamis (10/1) dimulai pukul 08.00 wib sampai dengan selesai.

Resik-resik kali ini juga dihadiri oleh Kepala Balai PSDA Progo Bogowonto Luk Ulo Provinsi Jateng, Kabid Kebersihan Lingkungan DLH, Kepala Disperindag, Kasatpol PP, Perwakilan PR Sacna, Pasiter Kodim 0705/Magelang, Pasi Intel Yonarmed 11/76/GG/1/2 Kostrad, dan Lurah Rejowinangun Selatan Kota Magelang, dan diikuti sebanyak 190 orang, serta mendapat dukungan penuh dari PT Sacna, Hotel Puri Asri dan Golf Borobudur.

Menurut Kepala Balai PSDA Progo Bogowonto Luk Ulo Provinsi Jateng, Ir Dyah Purbandari MT ketika di wawancarai oleh awak media mengatakan, kegiatan resik-resik kali (sungai) seperti ini sudah diagendakan di setiap tahunnya. Untuk kegiatan hari ini difokuskan pada pembersihan sampah di bawah jembatan dan pembersihan bangunan semi permanen yang berada di atas Sungai Manggis, dimana Sungai Manggis ini masuk di Saluran Irigasi Progo Manggis. Diharapkan dengan adanya pembersihan sungai ini, sungai Manggis akan bersih kembali, dan air bisa mengalir dengan lancar tanpa adanya hambatan di bawah jembatan, sehingga para petani yang ada di Kabupaten Magelang bisa menikmati airnya tersebut.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan bersih-bersih sungai di Kota Magelang ini. Ternyata warga Kota Magelang banyak sekali yang peduli kepada kebersihan sungai. Semoga sinergitas antara Balai PSDA dengan Instansi TNI dan masyarakat Kota Magelang tetap terjalin apik, dan semoga dengan diadakannya kerja bakti ini masyarakat Kota Magelang sadar dengan kebersihan sungai” terang Kepala Balai PSDA Progo Bogowonto Luk Ulo Jateng, Ir Dyah Purbandari MT.

Sementara itu menurut Korpokla (koordinator kelompok pengelola) wilayah Progo Hulu Magelang, Marno St atau yang lebih dikenal dengan Marno Klonthong mengatakan, kegiatan ini adalah sebagai dasar kalau warga Kota Magelang peduli kepada kebersihan. Dimana Kota Magelang adalah Kota Adipura, jadi sudah sewajarnya sebagai masyarakat Kota Magelang bisa menjaga kebersihan di Kota Magelangnya itu sendiri. Dan lewat kegiatan seperti ini, sangat terlihat sekali sinergitas antara Balai PSDA Progo Bogowonto Luk Ulo dengan TNI dan masyarakat Kota Magelang sangat terjalin apik sekali.

“Mengingat sungai bisa dikatakan sebagai swalayan atau supermarket (segala macam sampah ada di sungai), dan semoga dengan setelah selesainya karya bakti bersih-bersih sungai ini, masyarakat Kota Magelang tidak akan membuang sampah di sungai kembali, dan semoga masyarakat juga sadar terhadap kebersihan lingkungan dan sungai” jelas Marno St, selaku Korpokla wilayah Progo Hulu Magelang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here