PENOLAKAN LAHAN JALAN TOL, DIMEDIASI BABINSA KORAMIL 1310-01/BITUNG

0
9

BITUNG – Pemantauan Babinsa Koramil 1310-01/Bitung tentang masalah penolakan lahan yang akan dijadikan jalan Tol oleh pemilik lahan, namun sudah dikerjakan pihak proyek, (2/12/2018).

Penyebab kemarahan warga pemilik tanah yang akan dibebaskan untuk pembangunan jalan Tol, karena tanah tersebut belum sepenuhnya di bayar lunas. Babinsa Kopda Reinhard Paraisu pun hadir untuk memediasi permasalahan warga binaannya tersebut.

Menurut Babinsa, proyek pembangunan ruas jalan tol Manado-Bitung dinilai berpotensi menimbulkan kerugian sosial yang besar terutama pada warga yang terdampak proyek.
“Kehadiran kami memastikan proses pembebasan lahan dalam proyek strategis nasional ini berlangsung adil dan melibatkan warga, agar tidak diputuskan secara sepihak,” ungkapnya.

Proses pembebasan lahan seringkali mengabaikan dialog dan pencarian solusi yang laik atas ganti rugi serta hak atas perumahan warga pasca-penggusuran. Adapun hasil pembicaraan pemilik lahan tetap menuntut pihak Tol untuk membayar kerugian dan dari pihak Tol akan melaporkan ke PPK lahan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here