Bibit Kopi Aarabica Menghiasi Bukit Menoreh

0
10

Magelang,– Kawasan lereng menoreh nampak menghijau setelah beberapa hari di guyur hujan, siang tadi di dusun Selorejo 2/Sigabug desa Ngargoretno kecamatan Salaman, Kamis (29/11).

Siang tadi nampak warga berduyun-duyun menuju bukit di sebelah dusun bersama TNI, POLRI, Dinas Lingkungan Hidup, BPBD Kabupaten Magelang dengan penuh semagat, dari yang muda sampai orang tua, mereka bersama-sama melakukan penanaman bibit kopi arabica.

Penanaman bibit kopi arabica secara simbolis oleh Dinas lingkungan hidup Ibu Heni dan dilanjutkan Serda Irfan Babinsa Koramil 20/Salaman bersama Dodik Kades Ngargoretno dan peserta lainya. Penanaman bibit kopi arabica sebanyak 10.000 bibit, selain warga masyarakat Desa Ngargoretno juga dibantu para relawan.

Kepala Konservasi bina lingkungan hidup Ibu Heni menyampaikan tujuan penanaman kopi arabica di Desa Ngargoretno selain untuk menambah penghasilan masyarakat juga sebagai penghijaun kembali, karena tanaman kopi sangat cocok di daerah Ngargoretno.

“Dengan penanaman bibit kopi arabica tersebut diharapkan nantinya dapat menambah penghasilan para petani di sini, selain itu juga bermanfaat sebagai penghijauan di perbukitan menoreh” tutur Heni.

Sementara itu Kades Ngargoretno Dodik S, menerangkan bahwa Desa Ngargoretno dahulunya merupakan penghasil kopi, sumber air pada saat itu juga mencukupi untuk kebutuhan masyarakat Menoreh, tetapi dengan adanya perkembangan jaman masyarakat menginginkan penghasilan yang secara instan sehingga tanaman kopi yang berumur puluhan tahun di babat habis dan diganti pohon sengon.

“Masyarakat dahulu tidak berfikir akan dampaknya, dimusim kemarau Desa Ngargoretno kekurangan air bersih karena sumbernya airnya mati dan pada musim penghujan banyak tanah longsor” imbuhnya (pendimmgl)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here