Jelang Pileg-Pilpres, Babinsa Lakukan Pembinaan dan Pelatihan Kepada Linmas

0
14

MAGELANG, — Dalam Rangka mempersiapkan pengamanan tahapan Pileg-Pilpres 2019, anggota Linmas Desa Kragilan Kecamatan Pakis Kabupaten Magelang mendapatkan pembinaan dan pelatihan tentang tugas pokok Linmas serta tata cara pemakaian seragam dan baris berbaris.

Sebagai instruktur pelatihan dan pembinaan, Babinsa setempat, Serda Arif Hartoyo, dari Koramil 08/Pakis Kodim 0705/Magelang. Acara dipusatkan di Aula Balai Desa Kragilan Kecamatan Pakis Kabupaten Magelang, beberapa waktu lalu tepatnya hari Sabtu 25 Nopemebr 2018.

“Kegiatan dilaksanakan dengan tujuan untuk mendidik, melatih kedisiplinan dan menambah pengetahuan tentang tata cara berpakaian seragam dan dapat mengimplementasikan apa yang didapat selama latihan dalam kehidupan bermasyarakat,” kata Babinsa Serda Arif.

“Sehingga Linmas sebagai bagian masyarakat dapat menjadi contoh bagi masyarakat lainnya dalam penanaman disiplin dan semangat Bela Negara,” katanya lagi.

Kegiatan ini terselenggara berkat hasil koordinasi antara Babinsa dengan Kepala Desa Kragilan. Hal ini dimaksudkan guna mempersiapkan anggota Linmas yang berada di Desa Kragilan dalam kegiatan pengamanan Pemilu baik itu Pileg maupun Pilpres tahun 2019 nanti.

“Kegiatan ini merupakan salah satu tugas seorang Babinsa yaitu menyelenggarakan Pembinaan Pertahanan Wilayah,” terangnya.

Diharapakan, setelah diadakannya pembinaan dan latihan tata cara berpakaian seragam serta latihan Baris Berbaris, anggota Linmas dapat berpenampilan dengan rapi dan memakai seragam sesuai dengan aturan.

“Selain itu juga, dapat memiliki sikap jasmani yang tegap, tangkas, memiliki rasa persatuan, rasa disiplin, dan rasa tanggung jawab, serta dapat dipercaya,” jelas Babinsa.

Ditambahkan oleh Serda Arif, kegiatan tersebut juga bermanfaat untuk melatih daya konsentrasi, belajar tentang solidaritas tim, belajar mendengar serta patuh dan belajar untuk diam dan juga untuk mengatur emosi.

Dijelaskan oleh Babinsa bahwa kegiatan ini sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri No 10 tahun 2009 tentang penugasan satuan Perlindungan Masyarakat (Linmas) dalam penanganan ketentraman, ketertiban dan keamanan Penyelenggaraan Pemilihan Umum.

“Satuan Linmas adalah warga masyarakat yang disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana guna mengurangi dan memperkecil akibat bencana, serta ikut memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat, kegiatan sosial kemasyarakatan,” beber Serda Arif.

Dalam kegiatan tersebut diikuti oleh tidak kurang dari 8 anggota Linmas dan dihadiri oleh Bhabinkamtibmas Kragilan dari Polsek Pakis, Kades Kragilan dan Aparatur Desa yang secara seksama kompak hingga akhir kegiatan. [pendimmgl]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here