DANDIM 1310/BITUNG GELAR RAKOR PENANGGULANGAN BENCANA ALAM

0
36

BITUNG – Bertempat di ruang Data Makodim 1310/Bitung, jalan Babe Palar Kel. Madidir Unet Kec. Madidir kota Bitung, dilaksankan Rapat Koordinasi Penanggulangan Bencana Alam di wilayah kota Bitung dan Kabupaten Minahasa Utara, (14/11/2018).

Pada tahap siaga darurat antisipasi bencana alam, perlu dilakukan pencegahan-pencegahan yang sifatnya preventif. Hal tersebut diutarakan Dandim 1310/Bitung Letkol Inf Kusnandar Hidayat, S.Sos. saat memimpin rapat koordinasi penanggulangan bencana alam sore tadi.
“Sebagai acuan dan informasi awal untuk membentuk prosedur standar di wilayah kota Bitung dan Kab. Minut dalam hal melakukan tindakan evakuasi saat terjadi bencana alam, sehingga dampak kebencanaan yang mungkin terjadi tidak menyebabkan kerugian harta benda serta korban jiwa yang besar,” ungkap Dandim.

Lanjut Dandim, Semua kemungkinan terburuk jika terjadi bahaya bencana alam harus dianalisa dan selanjutnya membuat rencana operasi SAR dalam beberapa opsi, salah satunya adalah penentuan jalur evakuasi. Dimana posisi jalur evakuasi harus benar-benar dipahami, jalan aman yang bisa dilalui untuk membawa warga. Diperlukan adanya perhatian khusus dan koordinasi yang baik antara Kodim 1310/Bitung, Basarnas serta instansi terkait di lokasi demi mengambil langkah-langkah yang tepat.

Dengan adanya Rakor ini, diharapkan pemerintah kota Bitung dan Minut yang wilayahnya tergolong dalam daerah rawan bencana, untuk menyusun suatu sistem peringatan dini dan evakuasi yang sesuai dengan daerahnya masing-masing, sebagai upaya penanggulangan bencana alam, terang Dandim.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here