Babinsa Mertoyudan Dampingi Pelaksanaan Posyandu

0
22

MAGELANG,– Babinsa Desa Mertoyudan Serma Adi terlihat ikut memantau dan mendampingi pelaksanaan Posyandu oleh Bidan desa dan kader KB dalam pelaksanaan sosialisasi KB safari kepada masyarakat Dusun Mertoyudan Desa Mertoyudan Kecamatan Mertoyudan, Kamis (15/11).

Dalam kesempatan itu bidan desa yang akrab disebut Ibu Irine menyampaikan bahwa posyandu merupakan sarana cukup tepat yang di selenggarakan oleh pemerintah bersama dinas kesehatan yang bertujuan untuk memelihara kesehatan maupun meningkatkan gizi balita.

Disamping itu kesehatan merupakan salah satu nikmat terbesar yang jarang disyukuri, padahal kesehatan adalah pondasi utama untuk menjalani kehidupan.Mengingat kesehatan sangat penting bagi setiap orang, Posyandu siap memberikan layanan siaga.

“Posyandu di Dusun Mertoyudan sendiri mempunyai berbagai program diataranya adalah dengan pemberian makanan tambahan, pemberian vaksin rutin, penimbangan balita, pengobatan untuk lansia, dan berbagai pelatihan serta penyuluhan untuk masyarakat” paparnya.

Ibu Irine juga menyampaiksn bahwa sebelumnya kader Posyandu di Desa Mertoyudan memang sudah ada, tapi tidak terlalu aktif. “Awalnya kita hanya memberikan pengobatan untuk Lansia. Alhamdulillah, saat ini ada juga program Posyandu untuk ibu dan anak. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesehatan warga dan mengontrol kesehatan anak-anak dan Balita melalui kegiatan Posyandu yang rutin diadakan setiap satu bulan sekali.

Hal tersebut memberikan dampak positif bagi warga, mulai dari terkontrolnya kesehatan warga, bertambahnya pengetahuan warga melalui pelatihan dan penyuluhan, serta meningkatnya produktivitas kader Posyandu di desa Mertoyudan,” tambahnya

Selain untuk mengontrol kesehatan anak-anak, para orang tua pun diberikan berbagai penyuluhan kesehatan. Hal tersebut bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada orang tua mengenai kesehatan gizi bagi anak. Dengan adanya penyuluhan tersebut diharapkan tingkat kesehatan dan asupan gizi anak-anak di Desa Mertoyudan meningkat dan terhindar dari gizi buruk. Kami bekerja sama dengan pemerintah desa untuk mewajibkan pemeriksaan setiap bulannya agar tidak ada yang terkena gizi buruk,” lanjutnya

Saya sebagai babinsa merasa banggga dan memberikan apresiasi kepada Ibu selaku bidan desa yang selama ini bekerja keras untuk mendukung dan memelihara kesehatan anak anak balita yang nantinya bertumbuh sebagai generasi penerus yang akan menopang bangsa ini, paparnya”saut babinsa.

“Saaya sebagai babinsa insya allah siap membantu bu bidan setiap menjalankan tugas yang memang sudah menjadi tugas pokok kami melalui program bhakti kesehatan, “pungkas Adi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here