Masyarakat Banyumas, Semangat Pahlawan Ada Di Dadaku.

0
43

 

Banyumas — Sabtu (10/11) pukul 08.00wib bertempat di Alun-alun Purwokerto telah dilaksanakan Upacara Bendera dalam rangka Memperinggati Hari Pahlawan Tahun 2018 Tingkat Kab.Banyumas dengan tema ” Semanggat Pahlawan Didadaku ” sebagai Inspektur Upacara Bupati Banyumas Ir.H.Achmad Husein,Danup AKP Supardiana,SH (Kapolsek Rawalo) yang diikuti lk 500 orang.
Hadir dalam kegiatan upacara hari Pahlawan Ir.H.Ach, Drs.Sadewo Tri Lastiono (Wakil Bupati Banyumas), Juli Krisdianto,S.E (Ketua DPRD kab.Banyumas ), Kombes Pol.Djuwito Purnomo, S.I.K (Ka SPN Polda Jateng), Letkol Inf Wahyu Ramdhanus Suryawan S.Sos., M.Ms (Dandim 0701/Bms), AKBP Bambang Yudhantar Salamun,SIK (Kapolres Banyumas), Letkol Cpm Kasid, S.H (Dandenpom IV/1 Purwokerto), Mayor Cba Roro (Kasi Komsos Rem 071/Wijayakusuma, Kapten Kav M.Purbo Suseno (Kapenrem 071/Wk), Forkompinda Kab. Banyumas, Ka OPD Kab.BanyumasKomisioner Bawaslu Kab.Banyumas, LVRI Kab.Banyumas, Pimpinan Ormas Kab.Banyumas, Tamu Undangan lainya.
Susunan peserta upacara sebagai berikut 1 SST Korsik Ajenrem 071/ Wk, 1 SST Kodim 0701/Banyumas,2 SST Polres Banyumas, 1 SST Sat Pol PP, 1 SST Keki Kab.Banyumas, 2 SST PNS Kab.Banyumas, 2 SST PGRI Kab.Banyumas, 1 SSK Gabungan Ormas (Banser,LMP,PP,FKPPI), 1 SSK Pelajar SMA Purwokerto, 1 SSK Pelajar SMP Purwokerto, 2 SSK Pelajar Pramuka.

Amanat Menteri Sosial RI yang dibacakan oleh Irup Ir.H.Achmad Husain (Bupati Banyumas) yang dibacakan oleh Bupati Banyumas berisi bahwa Bangsa Indonesia pada hari ini memperingati Hari Pahlawan Tahun 2018. Setiap tahun pada tanggal 10 Nopember, bangsa Indonesia memperingati Hari Pahlawan untuk mengenang peristiwa pertempuran di Surabaya pada 73 tahun silam yang merupakan perang fisik pertama setelah bangsa Indonesia menyatakan kemerdekaannya. Di bulan Nopember ingatan kolektif bangsa akan tertuju pada keberanian, semangat pantang menyerah serta pengorbanan tanpa pamrih para pahlawan yang telah gugur mendahului kita. Prosesi peringatan Hari Pahlawan khususnya Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih serta Mengheningkan Cipta secara Serentak Selama 60 Detik seperti yang saat ini kita Iakukan, juga dilaksanakan di seluruh pelosok tanah air, bahkan di Perwakilan Negara Republik Indonesia di Iuar negeri.

Seluruh rangkaian kegiatan peringatan Hari Pahlawan tersebut bertujuan untuk memperkuat nilai-nilai kepahlawanan, mempertebal rasa cinta tanah air dan meneguhkan semangat pengabdian bagi bangsa dan negara di hati sanubari bangsa Indonesia. Peringatan Hari Pahlawan bukan semata sebuah acara namun harus sarat makna, bukan hanya sebagai prosesi namun subtansi setiap peringatan Hari Pahlawan harus dapat menggali dan memunculkan semangat baru dalam implementasi nilai-nilai kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari. Nilai kepahlawanan bukan bersifat statis namun dinamis, bisa menguat bahkan dapat melemah. Peringatan Hari Pahlawan harus menjadi energi dan semangat baru mewarisi nilai kejuangan dan patriotisme dalam membangun bangsa Indonesia.

Tema Hari Pahlawan Tahun 2018 adalah “Semangat Pahlawan Di Dadaku” mengandung makna sesuai fitrahnya dalam diri setiap insan tertanam nilai-nilai kepahlawanan, siapapun dapat menjadi pahlawan, setiap warga negara Indonesia tanpa kecuali dapat berinisiatif mengabdikan hal yang bermanfaat untuk kemashlahatan diri, lingkungan sekitar, bagi bangsa dan negara.

Peringatan Hari Pahlawan, menjadi momentum bagi bangsa Indonesia untuk melakukan introspeksi diri, sampai seberapa jauh setiap komponen bangsa dapat mewarisi nilai-nilai kepahlawanan, melanjutkan perjuangan, mengisi kemerdekaan demi mencapai Negara Kesatuan Republik Indonesia yang sejahtera, adil dan makmur. Peringatan Hari Pahlawan harus melahirkan ide dan gagasan mentransformasikan semangat pahlawan menjadi keuletan dalam melaksanakan pembangunan. Mentransformasikan keberanian melawan penjajah menjadi inspirasi mengusir musuh bersama bangsa saat ini antara lain kemiskinan. Setiap zaman pasti ada pahlawannya dan setiap pahlawan pasti berkiprah di eranya.

Pada akhirnya melalui momentum Peringatan Hari Pahlawan, marilah kita berbuat yang terbaik bagi bangsa ini. Mari berkontribusi bagi kemajuan bangsa. Mulai dari yang dapat kita lakukan, mulai dari lingkungan terdekat yang pada akhimya memberikan kekuatan dan ketahanan bagi bangsa dan negara. Selamat Hari Pahlawan Tahun 2018. Kobarkan terus semangat pahlawan di dada, torehkan prestasi yang membawa harum nama bangsa dan negara. Jaga selalu persatuan dan kesatuan dalam jalinan toleransi dan kesetiakawanan sosial. Semoga semangat pahlawan senantiasa mewarnai setiap langkah kita.

Selesai Kegiatan Upacara rombongan Forkompinda Kab.Banyumas dan tamu undangan, serta peserta upacara melanjutkan Ziarah ke TMP Tanjung Nirwana Purwokerto.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here