LESTARIKAN ACARA ADAT BUDAYA “TULUDE”, BABINSA KORAMIL 1310-02/LEMBEH HADIRI RAPAT

0
53

BITUNG – Dalam rangka upacara adat Tulude tahun 2019, Babinsa Koramil 1310-02/Lembeh Serda M. Makikama ikut dalam rapat pembentukan forum adat di Kelurahan Gunung Woka kecamatan Lembeh Utara kota Bitung, (13/9/2018).

Tutur Babinsa Kelurahan Gunung Woka bahwa, pembentukan forum adat di Kelurahan Gunung Woka adalah untuk pelaksanaan acara adat serta melestarikan nilai-nilai luhur budaya dari nenek moyang masih terjaga sampai detik ini. Salah satu acara budaya yang masih dilestarikan adalah Upacara Adat Tulude yang digelar setiap awal tahun.
“Tulude diadakan sebagai ucapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan berkat yang telah diberikan Tuhan selama setahun yang lalu. Tulude atau upacara syukur memasuki tahun baru yang disimbolkan dengan pemotongan kue Tamo dan dirangkaikan dengan atraksi budaya tari gunde, alabadiri, masamper dan ampawayer dimana budaya ini berkembang dilingkungan orang Sangihe Talaud,” pungkasnya.

Tulude tidak hanya digelar di Kabupaten Kepulauan Sangihe saja, namun juga di Kabupaten dan kota lain di Sulawesi Utara di mana Suku Sangir berada, seperti di Bitung, Manado, dan daerah lainnya. Perayaan Tulude selain sebagai upacara adat, juga merupakan suatu pesta rakyat warga Sangihe. Pada setiap perayaan upacara adat Tulude diundang para tamu tamu kehormatan yaitu para pejabat daerah dan masyarakat umum. Pesta/Pergelaran Adat Tulude ini umumnya dilaksanakan pada minggu terakhir dibulan januari. Dilihat dari maknanya tradisi Tulude ini dapat menciptakan kerukunan umat beragama, suku dan budaya masyarakat yang majemuk khususnya di Sulawesi Utara.

Hadir dalam rapat tersebut, Sekretaris Camat Lembeh Utara Sumeldi Maalangga, SIP, Lurah Gunungwoka Jems Katelang, S.Sos, Babinsa Serda M. Makikama, Tokoh adat Bpk. Tirso Mamadoa, Kepala Lingkungan dan Ketua RT se-Kelurahan Gunung Woka, dan Perwakilan masyarakat 20 orang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here