Babinsa Borobudur Ikut Sosialisasikan “Stop BABS”

0
83

MAGELANG — Babinsa Koramil Borobudur Kodim 0705/Magelang mengikuti Loka karya Mini Lintas Sektor Puskesmas Borobudur, Kamis (13/09) kemarin.

Loka karya yang digelar di Balkondes Borobudur mengambil tema ” Stop BABS ( Stop Buang Air Besar Sembarangan) dan Mari Kita Sukseskan Open Defecation Free / ODF di Kecamatan Borobudur tahun 2018.

Kepala Puskesmas Borobudur dr Yuniar, menjelaskan saat ini masih terdapat 6 desa di wilayah Kecamatan Borobudur yang masih perlu peningkatan pembuatan jamban. Keenam deaa tersebut antara lain Desa Ngadiharjo, Tanjungsari, Wringinputih, Borobudur, Wanurejo dan Desa Sambeng.

Dihadapan para Babinsa, Bhabinkamtibmas dan kepala desa dr. Yuniar mengajak untuk senantiasa mensosialisasikan agar masyarakat mulai belajar hidup sehat dengan membuat jamban keluarga sehingga masyarakat tidak lagi membuang hajat di sembarang tempat.

Babinsa Borobudur, Pelda Iwan Kusmana (47), mengatakan bahwa pihaknya sangat mendukung program kesehatan yang digagas oleh Kementrian Kesehatan dalam hal ini oleh Puskesmas Borobudur. Menurut Iwan, saat ini masih terdapat beberapa warga yang masih belum menerapkan perilaku sehat. Mereka masih melakukan buang air besar tidak di tempat semestinya, misalnya di ladang atau di sungai – sungai yang ada di dekat tempat tinggalnya.

“Selaku babinsa, kami sangat mendukung program ini, karena perilaku hidup sehat dengan tidak buang air besar sembarangan masih perlu disosialisasikan agar masyarakat benar-benar mengerti akan manfaat jamban bagi kesehatan” ujar Iwan. (Hbg)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here