Pelatihan Program MAMPU di Lereng Merapi Diikuti Peserta Enam Provinsi

0
23

MAGELANG — Keberlanjutan Program MAMPU oleh Aisyiah Kabupaten Magelang dilaksanakan Kegiatan Pelatihan Pemberdayaan Masyarakat. Kali ini mereka mengangkat tajuk Kepemimpinan perempuan untuk pemberdayaan perempuan dengan menghadirkan Pengurus Pusat Aisyiyah (30/8).

Kegiatan ini berlangsung di Lereng Merapi tepatnya di Balai Pertemuan Desa Kalibening Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang selama tiga hari 30 Agustus 2018 hingga 2 September 2018. Dimana diikuti oleh 50 peserta yang berasal dari Perwakilan 16 Pengurus Daerah dari enam Provinsi di Indonesia, yakni Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat.

Salah satu Tim Program MAMPU dari Pengurus Pusat Aisyiah, Nikmah Af’idati, menyampaikan bahwa program ini berjalan sejak tahun 2014 di beberapa titik di Indonesia. “Kami dari pusat hanya memfasilitasi dan mensupport, dan Alhamdulillah sekarang sudah mendapat mitra dari AUSAID (Australia) melalui Bapemas untuk mendukung program ini berjalan,” katanya kepada awak media.

Semenatar Pendamping Koordinator Program MAMPU Pengurus Daerah Aisyiah Kabupaten Magelang, Hadiyati Arifah mengungkapkan bahwa program mampu di Kabupaten Magelang sudah berjalan sejak tahun 2016 lalu dengan berbagai konteks pemberdayaan yakni Kesehatan, Ekonomi, Pendidikan, Hukum dan HAM, serta Sosial,” katanya disela sela acara.

“Selama ini program sudah berjalan yakni dalam konteks Kesehatan yakni pemahaman terkait Reproduksi dan Rumah Gizi, sekaligus Ekonomi kita menjalankan pelatihan home industry sampai pengurusan perijinan usahanya,” imbuhnya.

Kegiatan ini tidak hanya untuk anggota Aisyiyah saja, namun Program MAMPU terbuka untuk semua masyarakat dimana program ini berjalan. “Di Kabupaten Magelang sendiri baru berjalan di tujuh Desa yang berada di empat Kecamatan yakni Dukun, Ngluwar, Salamand an Kaliangkrik,” paparnya.

“Harapannya kedepan program ini mampu membuat masyarakat berdaya khususnya bagi perempuan, keberadaanya mulai diperhatikan dengan berdayanya mereka,” tandasnya.

Dalam acara ini hadir sebagai tuan rumah Kepala Desa Kalibening Kecamatan Dukun, Nurbiyanto yang menyampikan rasa terima kasihnya telah mempercayakan program ini kepada masyarakat Kalibening. “Selama program MAMPU di Kalibening berjalan, hasilnya sudah mulai tampak dari segi kesehatan dan gizi, dengan pelatihan dan pendampingan selama ini masyarakat mulai sadar akan pentingnya hal tersebut,” ungkapnya.

Sebagai pembuka acara, hadir Camat Dukun Bambang Heryanto yang menyampaikan dengan program ini semoga hasilnya bermanfaat bagi kami dan khususnya masyarakat disini. “Dan saya cukup tersanjung acara yang dihadiri peserta dari enam provinsi bisa dilaksanakan di wilayah Kami, dan tentunya demi kebaikan kita semua,” pungkasnya. (red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here