Babinsa dan Bhabinkamtibmas Ngabuburit ke Top Selfie.

0
146

Pakis–Babinsa Pogalan Serka mudi bersama dengan Bhabinkamtibmas dan anggota dari perwakilan Taman Nasional Gunung Merbabu melaksanakan patroli ke sejumlah tempat kawasan hutan lindung yang ada di wilayah Pakis. Rabu(30/05)

Patroli yang dilaksanakan pada sore hari tersebut adalah Hutan Wisata yang berada di dusun Kragilan desa Pogalan. Kawasan hutan wisata yang terkenal dengan sebutan Top Selfie, tempat ini merupakan bagian dari naungan TNGM (Taman Nasional Gunung Merbabu)
Patroli kali ini menitik beratkan kepada pengecekan patho-pathok batas hutan lindung TNGM dengan tanah milik warga setempat. Kegiatan seperti ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh pihak TNGM setiap bulanya.

Babinsa, babinkamtibmas dan petugas taman nasional gunung merbabu melaksanakan Patroli dan pengecekan Di hutan lindung kragilan (top selfie) 30/04/18

Menurut Petgas dari TNGN “Selain mengadakan pengecekan pathok batas wilayah, juga dilakukan pembinaan dan penyuluhan kepada masyarakat baik itu warga dusun sekitar ataupun para wisatawan yang berkunjung untuk selalu menjaga kelestarian hutan.
Ajakan dan himbauan tersebut diantaranya ajakan kepada masyarakat untuk tidak menebang pohon sembarangan, tidak menangkap maupun berburu hewan yang ada di hutan tersebut. Dengan demikian di harapkan kelestarian hutan akan terjaga dan keseimbangan ekosistem dalam hutan akan terpelihara” tuturnya.

Hal senada dipaparkan oleh Serka Mudi “patroli yang dilaksanakan disamping mengecek batas-batas wilayah juga memberikan pemahaman serta himbauan kepada seluruh warga masayarakat sekitar hutan dan pengunjung untuk selalu menjaga dan melestarikan hutan. Karena hutan merupakan salah satu aset yang sangat penting dalam kehidupan. Kalau hutan kita rusak maka akan sangat berpengaruh kepada kehidupan manusia. Contohnya akan terjadi pemanasan global, banjir bandang, tanah longsor dan masih banyak lagi yang lain itu semua dapat terjadinkalo kita tidak mau menjaga kelestarian hutan ini” Pungkasnya.

Meskipun di bulan Romadhon suasana di hutan lindung tersebut tetep ramai pengunjung karena suasananya yang dingin dan sejuk maka banyak di ginakan oleh warga sekitar untuk tempat nabubirit sambil menikmati indahnya pemandangan alam di lereng gunung merapi dan merbabu.(red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here